Proses Terjadinya Petir dan Bagaimana Menangkalnya

Proses Terjadinya Petir dan Bagaimana Menangkalnya
musim hujan telah datang. hari minggu tempo hari, sebanyak lokasi di jakarta diguyur hujan deras. serta bukan hanya hujan, gelegar petir di angkasa juga bikin situasi mencekam. serta layaknya banjir bandang, petir juga dapat menghendaki korban jiwa.

minggu tempo hari itu, contohnya, ada enam orang disambar petir. dua orang diantaranya apalagi meninggal dunia. tiga lain luka kronis. barangkali korban jiwa itu tak lagi jatuh bila kita ketahui bagaimana langkah mencegah petaka dari kilatan beresiko itu.

sebagaimana diketahui bahwa negeri kita ini, yang disebut tempat khatulistiwa, berhawa panas serta lembab mengakibatkan curah hujan amat tinggi dibanding sebanyak negara lain di asia tenggara.

gelegar petir juga kerap bergemuruh. apalagi tempat cibinong, di timur jakarta, tercatat oleh guinness book of record dengan jumlah petir terbanyak, yakni 322 petir 1 tahun. barangkali mereka yang telah studi masalah ini telah memahami, namun kita biasanya belum tahu bagaimana sistem berlangsungnya petir itu, serta menangkalnya.

sebanyak pakar mengatakan bahwa petir berlangsung dikarenakan perbedaan mungkin muatan pada awan serta bumi, atau awan dengan awan yang lain. muatan pada awan itu berlangsung dikarenakan awan bergerak terus-terusan dengan teratur.

sepanjang pergerakan itu awan dapat berhubungan dengan awan yang lain hingga muatan negatif dapat berkumpul pada di antara segi. namun muatan positif berkumpul pada segi sebaliknya. umumnya ini berlangsung sebelum saat awan menumpahkan hujan.

awan sendiri terdiri dari jutaan butiran air serta es beku di hawa. sepanjang sistem hubungan, butiran air berbenturan dengan awan lain yang tengah kembali mencair ( kondensasi ) ke atas. benturan ini menyebabkan muatan negatif ( elektron ) terjatuh.

elektron tersebut terkumpul dibagian bawah berikan muatan negatif serta awan yang naik yang kehilangan elektron, membawa muatan positif ke sisi atas.

pada titik ini, hawa yang naik memiliki kekuatan untuk membawa muatan positif ke awan sisi atas, sisi beku yang lain dapat terjatuh ke sisi awan terbawah atau menuju ke tanah. gabungan pada benturan serta pembekuan ini mengakibatkan perbedaan muatan yang amat besar, serta menyebabkan berlangsungnya sambaran petir.

petir seringkali berlangsung pada musim hujan, dikarenakan pada situasi ini hawa memiliki kandungan kandungan air yang lebih tinggi. hingga daya isolasinya turun serta arus lebih gampang mengalir. dikarenakan ada awan bermuatan negatif serta awan bermuatan positif, maka petir juga dapat berlangsung antar-awan yang tidak sama muatan.

petir adalah di antara fenomena alam yang sangat kuat serta menghancurkan. kemampuan petir yang dulu tercatat yaitu dimulai dari beberapa ribu ampere hingga 200. 000 ampere. angka ini setara dengan kemampuan yang diperlukan untuk menyalakan 500 ribu lampu bohlam 100 watt.

walau arus petir cuma sesaat, kurang lebih sepanjang 200 mikro-detik namun rusaknya yang diakibatkan amat luar biasa. dampak dari serangan segera amat jelas tampak, dimulai dari rusaknya bangunan, kebakaran, hingga bahaya kematian untuk manusia.
tak hanya itu pada waktu petir menyambar dapat ada loncatan muatan listrik ke benda yang berbentuk konduktor di lebih kurang pusat hantaman. loncatan ini apalagi dapat mengalir kemana-mana sampai beberapa puluh km..

untuk hindari bahaya petir, ada sebagian metode membuat perlindungan diri. metode yang sangat simpel namun amat efisien yaitu metode sangkar faraday. ini yaitu metode dengan membuat perlindungan area yang akan diamankan dengan menaunginya memakai konduktor yang dikaitkan dengan pembumian ( menghubungkan suatu hal ke bumi ).

area pembumian ini berperan mengalirkan muatan listrik dari kabel konduktor dari tembaga ke batang pembumian yang tertanam didalam tanah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s